Kamis, 13 Oktober 2011

BERITA

BERITA TERBARU

Ini Dia Penyebab Steve Jobs Meninggal

Posted by Administrator | Pada : 4:12 AM
<p>Your browser does not support iframes.</p>

STEVE Jobs, mantan bos sekaligus pendiri Apple Inc, telah berpulang Kamis (6/10). Di usianya yang baru 56 tahun, Jobs akhirnya menyerah dari kanker pankreas yang ia derita semenjak September 2009.

Mengapa otak di balik penciptaan iPhone, iPad, iPod ini bisa terkena penyakit mematikan itu? Ternyata kondisi itu ada hubungannya dengan penyakit diabetes. Seperti dikutip dari Sol Goldman, John Hopkins Medical Center dan WebMD, diabetes memang memiliki kaitan erat dengan pankreas.

Namun, pertama-tama, mari kita ketahui gambaran umum tentang kanker pankreas. Pankreas adalah kelenjar yang berbentuk tube, sekitar 15 cm yang terletak di perut bagian belakang. Tugas utamanya bagi tubuh manusia adalah menghasilkan enzim yang membantu usus memecah makanan dan memproduksi hormon yakni insulin yang membantu regulasi gula darah.

Sementara itu, kanker pankreas adalah penyebab keempat kematian kanker baik pria dan wanita dan merupakan salah satu kanker yang paling mematikan. Di kalangan medis, penyakit ini dikenal sebagai 'silent killer'.

Sebenarnya, kanker pankreas bisa ditanggulangi bila didiagnosis pada tahap awal. Namun sayangnya memang pada tahap awal kanker tidak terasa gejala apa pun. Seiring dengan semakin besarnya pertumbuhan kanker, baru akan terasa nyeri di perut bagian atas kiri yang menyebar ke belakang. Rasa nyeri akan bertambah bila penderita makan atau berbaring. Gejala lain yang tampak adalah jaundice alias kulit menjadi kekuningan.

Kemampuan bertahan hidup bagi penderita rata-rata 5 tahun dan 25 persen, itu pun bila kanker cepat dioperasi dan diangkat saat masih kecil dan belum menyebar.

Oleh karena itu, kita juga patut mengetahui siapa saja sih yang berisiko terbesar terkena kanker pankreas? Berikut faktor-faktornya:

1. Kebiasaan merokok
2. Kurangnya asupan sayur dan buah
3. Tingginya asupan daging merah
. Gemuk
5. Diabetes mellitus
6. Pankreatitis kronis
7. Infeksi Helicobacter pylori 8. Gingivitis

Menurut John Hopkins, rokok adalah salah satu faktor penyebab kanker pankreas. Ini tentu memprihatinkan mengingat konsumsi rokok di Indonesia yang sangat besar. Terlebih, rokok selama ini memang memuliki banyak efek buruk lain selain kanker pankreas.

Sementara itu, diabetes juga merupakan faktor penting pemicu kanker pankreas.

Ternyata penderita kanker pankreas, 10-20 persen adalah penderita diabetes. Adapun pemicu penyakit ini yakni overdosis gula yang menyebabkan kelelahan pankreas dan makanan kaya lemak, khususnya lemak trans yang terdapat di dalam minyak sawit dan dijual di berbagai makanan cepat saji.

Namun, apa mau dikata, toh jenis makanan itu semakin hari semakin disukai. Apa yang menyebabkan hal itu? Salah satu hal yang mungkin yakni stres yang mungkin juga dialami Steve Jobs yang menduduki posisi penting.

Oleh karena itu,setelah melihat berbagai faktor risiko tersebut, ada baiknya kita menjaga diri denmgan mengubah pola pikir selama ini agar bersedia hidup lebih sehat. Dengan mengubah pola pikir kita pasti bisa mengurangi risiko terkena penyakit berbahaya seperti kanker.(Pri/X-13)

0 komentar:

Poskan Komentar